Direktur LPPM UPA Harap Permen Ristek Dikti tentang Jurnal Ilmiah Pacu Spirit Peneliti

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) mengeluarkan aturan No 9 tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah dan No 20 thn 2018 tentang Penelitian.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX pun telah menggelar sosialisasi tentang peraturan tersebut kemarin, Rabu (19/9/2018).

Sosialisasi juga turut diikuti Direktur LPPM Universitas Patria Artha (UPA) Dr Nurmiati.

Dr Nurmiati pun berharap, hadirnya regulasi tersebut tidak hanya sekedar menjadi payung hukum bagi para peneliti.

“Tidak hanya sebatas formalitas, tapi juga menjadi spirit dan modal besar bagi para peneliti untuk dapat lebih optimal memberikan kontribusi melalui outcome dari penelitian yang dilakukan,” paparnya.

Lebih lanjut dia jelaskan, hasil penelitian diharapkan tidak hanya jadi panjangan, namun juga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Output penelitian terdiri dari beberapa bentuk seperti publikasi ilmiah pada jurnal, prototipe, paten, hki dan laporan penelitian sedangkan outcome penelitian dapat berupa aplikasi untuk kebutuhan dunia usaha dan industri ataupun lembaga swasta lainnya termasuk institusi pemerintah. Sehingga penelitian yang dihasilkan oleh para dosen tidak hanya sekedar tumpukan kertas tetapi dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait dengan objek penelitian,” katanya. (LUO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *