Organisasi Tarung Derajat se-Sulsel Gelar Ujian Kenaikan Sabuk di Kampus UPA

Ujian kenaikan sabuk Tarung Derajat se Sulsel digelar di halaman Universitas Patria Artha (UPA) Makadsar, Jalan Tun Abdul Razak, Minggu (2/8/18). Sebanyak 36 orang dari berbagai Satuan Pelatihan Tarung Derajat di Kota Makassar mengikuti ujian ini.

Wakil Ketua UKM Tarung Derajat UPA, Gita memaparkan, selain dari UPA para peserta berasal dari Satuan Pelatihan (Satlat) Politani Pangkep, Satlat UNM Makassar, Kejari, Akkarena, Gowa dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Para peserta ujian tersebut memeragakan gerakan kurata, yaitu teknik beladiri dalam tarung derajat.

“Kenaikan sabuk ini terdiri dari enam tingkatan Kurata. Kurata 1-2 ada 16 orang, 2-3 ada 2 orang, 3-4 ada 3 orang, 4-5 ada 12 orang dan 5-6 ada 3 orang,” kata Gita.

Dia mengatakan ujian kenaikan sabuk Tarung Derajat kali ini baru pertama kali digelar di UPA. Gita mengaku menyambut antusias dipilihnya UPA sebagai lokasi ujian.

“Apalagi Pelatih Utama Tarung Derajat Sulsel dan Pak Rektor, Bastian Lubis juga sempat menyaksikan,” ucapnya.

Dengan dukungan moral seperti itu, Gita berharap agar para peserta yang naik Kurata tetap berlatih dengan tekun, untuk mengasah ilmu tarung derajat termasuk teknik mau pun sikap.

“Karena mereka adalah calon-calon atlet Tarung Derajat yang akan menorehkan prestasi dan membanggakan Sulsel, kalau bisa yah ke tingkat nasional,” paparnya.

Para peserta ini akan dididik dan dilatih untuk mengikuti berbagai kejuaraan Tarung Derajat. Untuk mengikuti kejuaraan nasional, atlet diharuskan minimal berada di Kurata empat. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *