Tahun Ajaran Baru, Prodi Manajemen UPA Bakal Terapkan Kurikulum Berbasis SKKNI

Memasuki tahun ajaran baru 2018/2019, Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Patria Artha (UPA) bakal menerapkan kurikulum berbasis SKKNI.

Ketua Prodi Ilmu Manajemen UPA, Idham Managa mengatakan, penerapan kurikulum berbasis SKKNI ini diharpakan dapat meningkatkan kualitas lulusan UPA.

Lalu apa SKKNI itu?

Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek Pengetahuan (knowledge), Keterampilan dan/atau Keahlian (skills) serta Sikap kerja (attitude). Ketiga hal ini harus relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Idham menjelaskan, dalam kurikulum berbasi SKKNI, akan memuat kompetensi mata kuliah yang terdiri dari kognitif, psikomotorik, dan afektif atau sikap.

“Selama ini masih banyak mata kuliah yang hanya menggunakan unsur kognitifnya saja,” katanya.

Sebagai akibatnya, banyak lulusan perguruaan tinggi Indonesia yang mempunyai kedudukan yang tidak sama dibandingkan lulusan dari luar negeri.

Idham menambahkan, kurikulum ini menuntut mahasiswa memiliki kemampuan yang memenuhi kriteria seperti, Dalam aspek Attitude, Bidang kemampuan kerja, Pengetahuan dan Managerial dan Tanggung Jawab

“Dengan adanya target pencapaian ini, Perguruan Tinggi harus mampu menjabarkan sebuah capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah yang ada sehingga tersusun sesuai kebutuhan profil kelulusan,” katanya. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *