Mengapa Kuliah Teknik Elektro Penting? Yuk Simak ini!

Di bidang Teknik Elektro terdapat berbagai macam energi yang dipelajari, khususnya energi listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat penting dalam kehidupan kita.

Bayangkan jika tidak ada listrik di dunia ini? Tentu saja banyak kemudahan yang saat ini kita nikmati justru tidak bisa dirasakan. Misalnya, tidak ada cahaya yang menerangi rumah. Tidak bisa merasakan dinginya AC ketika suhu di bumi ini sudah mulai memanas. Tidak bisa menonton televisi karena tidak ada listrik.

“Tanpa listrik kita tidak bisa melakukan apa-apa. Nah, dari situ kita tahu betapa pentingnya listrik sebagai sumber energi kehidupan kita,” kata Ketua Prodi Teknik Elektro  UPA Mochammad Apriyadi.

Apriyadi menjelaskan,  menjaga kontinuitas energi listrik sangatlah penting, agar nantinya anak cucu kita bisa merasakanya.

Nah, Teknik Elektro itu sendiri adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

“Teknik elektro dulu biasanya dibagi lagi menjadi Arus Kuat, yang mempelajari listrik tegangan tinggi, serta Arus lemah, yang mempelajari listrik tegangan rendah. Saat ini, Teknik elektro diklasifikasikan kedalam subjurusan/ peminatan walaupun sebenarnya tergantung dari kampus dimana kita berkuliah,” kata Apriyadi. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *