Ini Dua Konsentrasi di Prodi Teknik Elektro UPA

Bagi kamu yang akan kuliah di UPA dan mengambil Program Studi (Prodi) Teknik Elektro, kamu bisa memilih satu diantara dua konsentrasi.

Ketua Prodi Teknik Elektro UPA Mochammad Apriyadi menjelaskan, dua konsentrasi ini diantaranya, teknik Sistem Tenaga dan Teknik Sistem Kendali.

Lebih lanjut, Apriyadi menjelaskan, teknik sistem siaga yaitu cabang dari teknik elektro yang mempelajari tentang ketenagalistrikan atau sumber energi yang dapat diubah menjadi listrik.

“Dalam teknik ini mempelajari mengenai power (sumber pembangkit listrik), transmisi (penyaluran dari sumber energi listrik ke trafo-trafo) dan distribusi (penayaluran listrik ke rumah-rumah, kantor-kantor),” katanya.

Lulusan dari jurusan ini, lanjut dia dapat bekerja di PLN, Indonesia power, pertamina geothermal, dirjen ketenagalistrikan ESDM dan lain-lain.

Selanjutnya, Teknik Sistem Pengaturan atau dikenal juga sebagai teknik Kendali atau Kontrol yaitu cabang elektro yang memepelajari tentang sistem kendali dengan mengunakan instrumen-instrumen perangkat elektrik dalam sistem kerjanya.

“Di sini biasanya mempelajari mengenai robotik, embeded system (sistem yang terpendam yang dapat bekerja secara real time), sensor, aktuator/penggerak. Di sini mempelajari kendali PLC, HMI, SCADA,” jelaanya.

Lulusannya biasanya bekerja di pertambangan, perminyakan, pembangkit listrik seperti Pertamina, PLN, chevron, exxon dan lain-lain. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *