Kerennya Jadi Mahasiswa Teknik Elektro UPA, Kamu akan Belajar Hal Berikut

Mahasiswa UPA

Bagi kamu yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas, dan berminat melanjutkan kuliah di bidang kelistrikan, Teknik Elektro Universitas Patria Artha menunggu kamu. Pendaftaran mahasiswa barunya pun masih dibuka hingga akhir Agustus.

Lalu, apa saja yang akan kamu dapatkan saat kuliah di Teknik Elektro UPA? Ketua Program Studi Teknik Elektro UPA, Ir. Mochammad Apriyadi HS, S.T.,M.T M. mengatakan pada konsentrasi teknik tenaga listrik ini, mahasiswa akan diajarkan mengenai bagaimana merancang sistem tenaga listrik dimulai dari bagaimana mendesign atau merancang sistem pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik.

“Bagaimana memetakan potensi energi listrik suatu daerah, bagaimana merancang sistem transmisi untuk menyalurkan listrik dari pembangkit menuju ke sistem distribusi yaitu gardu gardu di sekitaran kita itu,” katanya.

Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana merancang sistem distribusi, pengkabelan, menghitung daya dan beban dan lain sebagainya.

Untuk bisa memasuki dan mengikuti perkuliahan di konsentrasi sistem tenaga listrik, maka mahasiswa harus mempersiapkan dan mmemperkuat dasar pengetahuan di matakuliah dasar, teknik tenaga listrik dan rangkaian listrik yang telah dipelajari di semester bawah sebelumnya.

“Mahasiswa Teknik Elektro rata-rata pada sibuk semua lagi ngerjain tugas-tugas seru misalkan nih tugas perancangan instalasi listrik, tugas pemetaan potensi energi di suatu desa, tugas perancangan saluran transmisi dan lain sebagainya pokonya tugas tugas mereka keren keren semua dah. Nggak bakalan rugi mengambil konsentrasi ini,” katanya.

Lalu bagaimana prospek kerja lulusan elektro konsentrasi sistem tenaga listrik ini? Apriyadi meyakinkan, prospeknya sedang sangat baik. Saat ini. indonesia masih sangat kekurangan engineer di bidang ini untuk merealisasikan pembangunan pembangkit listrik di seluruh indonesia.

“Jadi orang orang yang berasal dari konsentrasi ini dapat bekerja sebagai electrical engineering yang mengurusi masalah mesin-mesin listrik termasuk generator pembangkit listrik, transien listrik, proteksi sistem transmisi, instalasi listrik (instalatir planner) dan lain sebagainya,” jelasnya. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *