Direktorat Pengawasan Lembaga Pemerintah Beri Kuliah di UPA

Direktorat Pengawasan Lembaga Pemerintah Bidang Kesejahteraan Rakyat Deputi Polhukam dan PMk BPKP Sumitro hadir di Universitas Patria Artha (UPA) dalam rangka memberikan kuliah, kemarin.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 wita ini mengusung tema Capacity Building dan Mendidik Anak Menjadi Cerdas Serta Istimewa. Hadir dalam kuliah pakar tersebut Rektor UPA, Bastian Lubis sekaligus menjadi moderator.

Pada kesempatan tersebut, Bastian mengungkapkan terima kasihnya kepada Sumitro karena telah menyempatkan waktunya hadir di tengah-tengah civitas akademika UPA dan membagikan ilmu dan pengalaman dimilikinya.

Menurut dia, Sumitro memiliki kapasitas yang sangat mumpuni oleh memberikan kuliah pakar di perguruan tinggi yang dipimpinnya mengingat sederetan posisi dan tanggung jawab yang dimilikinya serta merupakan salah satu tokoh yang telah sukses di birokrasi.

“Saya berterima kasih sekali atas kehadiran Bapak Sumitro di tengah-tengah kita. Kenapa Bapak Sumitro? Karena kita lihat bahwa sudah sangat sukses di birokrat,” ujar dia, kemarin.

Dalam kuliah yang diberikannya, Sumitro memberikan motivasi kepada para peserta seperti sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. Tidak hanya itu, menurut dia yang paling penting adalah ketika bekerja harus mengetahui porsinya masing-masing.

“Kita bekerja harus sesuai porsi masing-masing, misal sebagai wakil rektor bersikap layaknya wakil rektor bukan sebagai staff biasa, dan lain-lain,” ujarnya.

Dia juga menerangkan sejumlah prinsip kerja yang baik seperti dimulai dengan niat tulus, pemahaman situasi, kerjasama seperti management organisasi menggerakkan orang banyak untuk sama-sama bekerja bukannya bekerja sendiri.

Prinsip kerja yang baik, lanjut dia, adalah memotivasi diri yakni optimis agar semuanya berhasil, serta visi organisasi harua jelas agar semuanya tidak hanya seperti mimpi kosong tapi ada tujuan yang harus di capai.

“Prinsip kerja yang baik ada beberapa seperti niat tulus, pemahaman situasi, kerjasama, motivasi diri dan visi organisasi jelas,” katanya. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *