Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat Tak Bakalan Rugi, Ini Sebabnya

Dibandingkan Fakultas Ekonomi, Ilmu Komunikasi, atau Fakultas Teknik memang popularitas Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) masih belum terlalu tinggi.

Tapi, sudah banyak universitas negeri di Indonesia yang menyelenggarakan bidang studi ini sejak lama. FKM Universitas Indonesia sendiri bahkan sudah established sejak tahun 1965.

Salah satunya di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Universitas Patria Artha (UPA) Kota Makassar. Di kampus ini menyediakan program studi Kesmas.

“Lulusannya sudah banyak di UPA, dan serapan kerjanya mencapai 80 persen,” ucap Kaprodi Kesmas UPA, Dian Ekawaty.

Lalu mengapa masih ada yang belum tahu atau bahkan kurang tertarik dengan jurusan ini.

Padahal di luar negeri, negara maju seperti US contohnya, malah akan membuka 250.000 lowongan pekerjaan buat profesional di bidang public health per tahun 2020. Tinggi sekali bukan prospek kerja kesehatan masyarakat di sana!

Berbagai industri dan organisasi sebenarnya punya prospek kerja kesehatan masyarakat.

Walaupun scoop prospek kerja kesehatan masyarakat memang lebih banyak di bidang sarana kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, atau berbagai departemen terkait,” jelasnya.

Prospek kerja kesehatan masyarakat cukup potensial didukung juga oleh kebutuhan suatu organisasi, komunitas, dan setiap individu untuk mendapatkan info dan layanan kesehatan yang memadai.

Jadi jangan ragu untuk memiliki Kesmas jadi program studi andalanmu nantinya yah. (IDP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *