Selain Jaga Diri, Ini Loh 5 Manfaat Olahraga Tarung Derajat

Sebagai salah satu olahraga berat yang menggabukan berbagai kekuatan tubuh seperti tangan dan kaki, Tarung Derajat ternyata memiliki banyak manfaat. Apalagi bagi mereka yang  punya segudang aktifitas. Nah apa saja manfaat dari olah raga  tarung derajat?  Yuk disimak!

1.Motorik lebih kuat.

Gerakan memukul, menendang, merunduk, melompat, menghindar, berputar, berlatih keseimbangan, dan lainnya kerap diterapkan saat berlatih bela diri. Belum lagi dengan gerakan-gerakan pemanasan atau gerakan untuk menguatkan otot-otot, seperti berlari, sit up, push up, berjalan jongkok, dan lainnya. Semua gerakan tersebut melatih motorik anak menjadi lebih kuat, cekatan, cepat dan tangkas.

2. Lebih bugar dan sehat.

Tubuh yang secara teratur diajak berolahraga secara otomatis akan meningkatkan kebugarannya, karena otot-otot terlatih untuk bergerak, tidak kaku, dan tidak mudah keseleo atau terkilir. Dengan begitu, sistem metabolisme tubuhpun bekerja lebih baik yang membuat daya tahan tubuh meningkat, sehingga anak tidak mudah sakit. Jadi, tubuhnya akan kembali sehat.

3. Melatih keberanian.

Kamu harus menghadapi segala sesuatu dengan segenap kemampuannya, berani berkata jujur dan benar, bertindak benar, berani berinisiatif, berani menolong orang, berani mempertahankan haknya, dan sebagainya. Pasalnya berlatih beladiri bukan saja melatih jurus-jurus tetapi juga mental.

Sebelum atau setelah latihan, para pelatih biasanya mengajak siswanya berbincang mengenai apa yang harus siswa lakukan di luar tempat latihan, menotivasi mereka untuk berlaku benar sebagai wujud dari sikap ksatria.

4. Melepas energi negatif.

Pada dasarnya setiap orang memiliki energi negatif. Mungkin karena ia menyimpan kekesalan, kemarahan, kekecewaan, dan lainnya. Energi negatif ini perlu penyaluran yang tepat. Nah, berlatih bela diri adalah salah satu cara mengeluarkan energi negatifnya dengan cara positif. Kamu bisa memukul bantalan karet, berguling di atas matras, melompat, berteriak, berlari, dan lainnya. Jika emosi negatif tersalurkan dengan baik, maka secara emosi kamu akan merasa lebih nyaman dan emosinya pun bisa lebih stabil.

5. Meningkatkan kedisiplinan dan komitmen

Setiap olahraga bela diri memiliki aturan masing-masing. Salah satunya adalah kamu harus disiplin. Kamu harus datang tepat waktu, mengikuti instruksi pelatih, harus memakai seragam, tidak boleh bermain-main, harus bekerja sama dengan siswa, saling menghormati, tidak boleh menggunakan kemampuan dengan sembarangan, menolong sesama, dan sebagainya.

Latihan seperti ini akan menguatkan serta meningkatkan kedisiplinan dan komitmen kamu. Tak mustahil kamu juga akan menerapkan disiplin dan komitmen pada hal lain, seperti mengerjakan tugas kuliah, belajar di rumah, datang tepat waktu ke kampus, menghormati teman, dan lainnya.

Nah,  itu dia sejumlah manfaat dari olah raga tarung deratjat.  Bagi kamu yang ingin ikut latihan, apalagi kalau kamu mahasiswa Universitas Patria Artha,  di kampus kami sudah ada UKM Tarung Derajat Loh.

UKM Tarung  Derajat UPA ini,  Sudah menghasilkan atlet-atlet berprestasi yang menjuarai sejumlah kompetisi di tingkat nasional. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *