Rutin Digelar di UPA, Ternyata Senam Aerobik Punya Segudang Manfaat, Yuks Simak!

Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk senam aerobik. Tidak salah jika senam menjadi salah satu olah raga rutin yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Patria Artha (UPA). Nah, apa saja manfaat dari Senam Aerobik ini? Berikut adalah beberapa manfaat senam aerobik yang harus kita ketahui.

1. Meningkatkan fungsi jantung

Gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

2. Menurunkan berat badan

Selain menjalankan program diet sehat seperti membatasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, kita juga bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga. Supaya lebih cepat dalam membakar lemak, sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang banyak menggerakan anggota badan seperti halnya jogging dan juga senam aerobik.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Percaya atau tidak, senam aerobik termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk kebagian otak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik, maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Telah banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.

4. Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang mampu membuat seseorang menjadi stres. Bila stres sudah melanda, maka mood dan tingkat kreativitas seseorang akan berkurang. Hal ini dikarenakan hormon endorfin yang bekerja untuk membuat seseorang merasa lebih senang mulai berkurang. Untuk itu, diperlukanlah suatu aktivitas yang mampu meningkatkan hormon tersebut. Salah satu aktivitas yang mampu meningkatkan jumlah hormon endorfin adalah senam aerobik. Bila dilakukan secara teratur, maka kondisi stresyang dialami akan berkurang yang pada akhirnya mood Anda pun akan kembali meningkat.

5. Tidak mudah terserang penyakit

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah untuk terserang penyakit. Hal ini dapat terjadi karena toksin-toksin yang ada didalam tubuh akan keluar melalui keringat. Disamping itu, semua organ yang ada didalam tubuh pun akan bekerja secara maksimal.

6. Meningkatkan stamina

Bila selama ini Anda seringkali merasakan kelehan meskipun Anda baru sebentar saja melakukan suatu aktivitas, kemungkinan besar sistem pernapasan Anda mengalami gangguan yang disebabkan adanya lemak serta gangguan aliran oksigen dalam darah. Melakukan senam aerobik secara teratur akan memperbaiki sistem pernapasan supaya dapat berjalan lebih optimal dan pada akhirnya Anda pun tidak akan mudah merasa lelah.

7. Meningkatkan kelenturan dan kebugaran

Gerakan-gerakan yang ada pada senam aerobik mempunyai sifat berulang-ulang yang membutuhkan koordinasi tubuh. Bila kita dapat melakukan senam aerobik dengan baik dan benar, hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Lakukanlah senam aerobik secara rutin supaya manfaat yang didapat jauh lebih maksimal. Semoga informasi manfaat senam aerobik ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *