Begini Cara Dosen Fakultas Kesehatan UPA Tingkatkan Pengetahuan

Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, tidak saka secara konvensional dengan  belajar dikelas ataukah membaca buku. Tapi, melakukan kunjungan ke tempat lain yang terlebih dahulu menerapkan pola pengetahuan dengan torehan keberhasilan dan memberikan manfaat bagi masyarakat patut jadi pilihan.

Salah satunya dilakukan dosen Fakultas Kesehatan Universitas Patria Artha (UPA) dengan melakukan benchmarking atau kunjungan ke Balai Kesehatan Tradisional Makassar (BKTM), Selasa (10/07).

Kunjungan dihadiri Kunjungan dihadiri Kepala Prodi Ilmu Keperawatan UPA (Ns. A. Saputri Mulyana, S. Kep., M. Kep.) ,  Ka. Prodi Kesehatan Masyarakat (Dian Ekawaty, S. KM., M. Kes.) ,  Sekpro Kebidanan (Irmawati, S. ST., M. Kes.) ,  Penanggungjawab Wellness Patria Indonesia (Abdul Rahman) , Penanggungjawab Klinik Patria Lestari.

Benchmarking ini merupakan kunjungan kedua setelah  kunjungan perdana yang dihadiri oleh Rektor UPA,  Bastian Lubis S. E., M. M. dan beberapa staf bersama Prof. dr. H. Veny Hadju, M. Sc., Ph.D, salah seorang Guru Besar Universitas Hasanuddin, baru-baru ini.

BKTM merupakan pusat pengembangan pelayanan tradisional yang memberikan berbagai jenis pelayanan seperti akupuntur,  akupressure,  pemeriksaan laboratorium, spa therapy,  serta pemberian obat herbal.

Menurut  Kepala Prodi Ilmu Keperawatan UPA, Saputri Mulyana, kunjungan kali ini dilakukan untuk memotret secara rinci gambaran manajemen dan pelayanan di BKTM,  Prov. Sul-Sel ini.

Tidak hanya itu,  benchmarking ini akan kami tindaklanjuti melalui perumusan MoU antara BKTM dengan UPA,  terutama melalui Fakultas Kesehatan.

Kata dia, adapun bentuk kerjasama yang akan diwujudkan berupa pemagangan mahasiswa,  pelaksanaan penelitian oleh dosen dan atau mahasiswa UPA.

“Kunjungan ini tentu memberikan sebuah inspirasi yg sangat penting bagi kami, terutama dalam pengembangan Wellness Patria Indonesia yang sebentar lagi akan beroperasi. Kami berharap,  BKTM dan Patria Artha dapat menjalin kerjasama yang baik,  terutama sebagai sebuah upaya peningkatan kulitas kesehatan masyarakat,  khususnya di Sulawesi Selatan,”paparnya. (SDM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *