Yuk Jadi  Pecinta Lingkungan Seperti Sosok Rektor Ini

Pecinta alam sejati tidak hanya bicara, mereka siap pasang badan dan melakukan aksi nyata demi menjaga alam yang dicintainya.

Begitulah sosok pejabat tertinggi di Universitas Patria Artha (UPA), Bastian Lubis.

Menyandang status seorang rektor, tidak membuat Bastian gengsi untuk ikut serta setiap kali Civitas Akademika atau mahasiswa UPA menggelar aksi bersih-bersih.

“Bapak memang terkenal seorang yang menjaga lingkungan. Tidak segan-segan ikut ambil bagian kalau kita kerja bakti,” kata Isman salah satu Mahasiswa UPA menceritakan sosok rektornya.

Nah bagi kamu yang ingin menjadi sosok pecinta lingkungan seperti rektor UPA, yuk mulai dari hal-hal sederhana. Coba mulai dengan tiga langkah berikut.

Pertama, pisahkan sampah organik dan non organik. Langkah kecil yang kamu lakukan bisa berdampak besar karena akan mempermudah proses pengelolaannya.

Sampah organik bisa kamu tampung dalam drum besar agar dapat dijadikan pupuk untuk tanaman-tanaman hias yang ada dirumahmu. Jika kamu punya kebun, bisa juga digunakan untuk menyuburkan tanaman di kebun rumahmu.

Kedua, jangan terlalu sering membeli minuman kemasan, lebih baik bawa bekal dari rumah dan gunakan botol minuman yang bisa dipakai berulang-ulang. Soalnya, sampah botol dan kaleng tersebut jelas tak mudah didaur ulang sehingga hanya akan menambah tumpukan sampah di tempat-tempat pembuangan akhir atau bahkan menyumbat aliran-aliran sungai.

Ketiga, jika bepergian ke tempat yang tidak terlalu jauh, jangan ragu untuk berjalan kaki atau memilih mengayuh sepeda saja. Selain sehat, memilih berjalan kaki atau naik sepeda juga bisa berarti menghemat pengeluaran. Pasalnya, kamu cukup mengandalkan tenagamu sendiri, tanpa perlu mengisi bensin untuk motor atau mobilmu. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *