Yuk Kembalikan Semangat Belajar Usai Libur Panjang

Mahasiswa UPA

Libur telah usai. Saat nya kembali kerutinitas semula. Seperti yang dialami mahasiswa Universitas Patria Artha. Setelah hampir menikmati libur lebaran, hari ini, Senin (25/6/2018) adalah hari pertama kembali melakukan aktivitas perkuliahan.

Liburan memang waktu yang tepat untuk melepaskan penat selama melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi, setelah libur, kadang seseorang akan merasa malas beraktivitas kembali. Rasa loyo dan kurang bersemangat pun muncul karena terlalu terbawa suasana libur panjang. Supaya kembali semangat kuliah, kamu harus membaca tips dibawah ini untuk mengembalikan semangat belajarmu.

1. Ingatlah tanggal ujian

Tips yang pertama yaitu mengingat kembali kalau tanggal ujian itu sudah semakin dekat. Dengan mengingat tanggal ujian ini, kamu akan lebih terpacu karena tuntutan mendapatkan nilai bagus saat ujian akan membuatmu merasa perlu lebih giat belajar . Dengan demikian, kamu akan bersemangat karena adanya target yang harus kamu capai.

2. Paksa dirimu

Tips berikutnya yaitu kamu harus memaksa dirimu sendiri, kamu harus memberikan banyak motivasi kepada dirimu sendiri. Motivasi itu bisa muncul dari manapun. Bisa ketika kamu sedang mendengarkan musik yang bersemangat atau mengingat tentang suatu kejadian saat liburan yang membuatmu jadi bersemangat juga.

Tanpa sadar, kamu memaksa diri kamu untuk kembali bersemangat kuliah. Dengan memaksa diri, kamu sudah berhasil mengendalikan rasa malasmu. Pasalnya, satu-satunya orang yang bisa mengendalikan emosimu itu ya dirimu sendiri. Dengan mengendalikan rasa malasmu dan membangun semangat belajar, kamu dapat menjadi orang yang bisa mengontrol emosi lainnya.

3. Selalu berpikiran positif

Tips ketiga yaitu kamu harus selalu berpikiran positif baik pada diri sendiri maupun orang lain. Dengan berpikiran positif, kamu bisa mengalahkan rasa malasmu yang membuat kamu tidak bisa move on dari suasana liburan. Kalau kamu berpikiran positif juga akan membuat hatimu tenang dan juga bibirmu selalu tersenyum.

4. Buat strategi belajar yang baik

Tips yang berikutnya yaitu kamu harus menyiapkan strategi belajar yang baik. Kalau kamu masih termakan suasana liburan yang menyenangkan, kamu juga bisa membuat belajarmu ini lebih menyenangkan.

Aturlah strategi belajarmu dengan model yang menyenangkan sehingga tidak akan memberatkan pikiranmu. Dengan model belajar yang baru, kamu bisa menikmati suasana belajar yang santai tapi serius asalkan targetmu tercapai.

Nah, liburan itu memang mengasyikkan dan menyenangkan, tapi kamu juga harus ingat kalau liburan itu pasti akan berakhir dan kamu dituntut untuk menjalani aktivitas sehari-hari lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *