Waspada, Pola Makan Saat Lebaran Bisa Sebabkan Penyakit Berikut

Lebaran merupakan hari kemenangan umat muslim setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Hampir semua umat muslim merayakan hari kemenangan dengan suka cita bersama sanak saudara dan tidak ketinggalan berbagai macam makanan enak.

“Terkadang kita lupa mengontrol makanan yang kita konsumsi tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh,” kata Dosen Kebidanan Universitas Patria Artha (UPA) Vivin Helvira.

Vivin mengatakan, penyakit yang biasa timbul salah satunya yaitu maag akibat mengkonsumsi makanan yang bersantan.

“Apabila anda mengkonsumsi secara berlebihan ini bisa menyebabkan maag kambuh,” katanya.

Penyakit lain, kata Vivin adalah kenaikan kadar gula darah. Hai ini dikarenakan makanan dan minuman manis saat lebaran.

“Selain itu, Kolesterol tinggi disebabkan Kolesterol jahat dalam darah bisa meningkat karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak,” jelasnya

Akibatnya, kolesterol ini akan mengendap di dinding arteri dan dapat menghambat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jika ini terjadi, maka dapat meningkatkan risiko penyempitan arteri, stroke, hingga serangan jantung.

Selain kadar kolesterol meningkat, mengonsumsi makanan seperti sate, rendang dan gulai dapat memicu darah tinggi atau hipertensi. Sebab, makanan tersebut memiliki kadar lemak dan garam yang tinggi. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *