Kembali Fit Setelah Lebaran, Ini Tips ala Sekprodi Kesmas UPA

Lebaran merupakan momen bersuka cita dan berkumpul bersama keluarga besar. Merayakan hari kemenangan dengan bersilaturahim dan berbagi menjadi kebiasaan yang dirindukan setiap tahun.

Hikmah Ramadhan adalah latihan bagi setiap insan untuk menahan hawa nafsu, memperbanyak ibadah, & senantiasa berbagi. Nilai-nilai kebaikan tersebut seyogyanya dipertahankan dan ditingkatkan pada 11 bulan setelahnya.

Makanan bersantan, olahan daging, kue,  dan minuman bersoda menjadi sangat familiar pada hari lebaran dan beberapa hari setelahnya.

Tak jarang berat badan naik, kolesterol dan gula juga naik.

Makan dengan lahap dan porsi besar akan sulit dihindari,terlebih ketika pulang ke kampung halaman dan mengunjungi rumah kerabat.

Bagaimana agar bisa kembali semangat beraktifitas setelah masa liburan usai?

Ini tips dari Ulfah Mahfudah, SKM., M. Kes.

Sekretaris Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

1. Konsumsi buah & sayur minimal 1 porsi sehari.

2. Kurangi porsi makanan pokok yang mengandung karbohidrat,contohnya nasi. Kebutuhan tubuh pada nasi sebenarnya tidak lebih dari segenggam.

3. Kurangi konsumsi makanan berlemak yang berlebihan seperti daging berkuah santan.

4. Perbanyak minum air mineral.

5. Hindari konsumsi minuman bersoda.

6. Berhenti makan sebelum kenyang,

“Hal ini telah diatur dalam hadits berikut :Dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Tidaklah anak Adam memenuhi bejana lebih buruk dari memenuhi perutnya. Cukuplah bagi bani Adam makanan yang dapat menegakkan tulang rusuknya, kalau tidak boleh tidak (harus memenuhi perutnya) hendaklah 1/3 (perutnya) untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 lagi untuk nafasnya.” jelas Ulfa.

7. Olahraga yang teratur untuk membakar lemak yang berlebih

8. Ikhlas memaafkan semata-mata untuk meraih keridhaan Allah swt. Hal ini sejalan dengan temuan di bidang neurosains bahwa fikiran mempengaruhi derajat kesehatan seseorang. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *