PKK3 Mahasiswa Kebidanan UPA Selesaikan Praktek di RSIA Khadijah 3

Mahasiswa Kebidanan UPA selesai praktek di RS ST Khadijah

Prosesi Praktek Klinik Kebidanan Konfrehensif (PKK3) Mahasiswa Jurusan Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Patria Artha di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) ST Khadijah 3 sudah selesai.

Selama empat pekan, mahasiswa tingkat akhir ini mendapatkan pengalaman untuk bersentuhan langsung dengan pasien dalam lima tahap sebelum dan setelah melahirkan.

“Jadi mereka praktek, secara bergantian di lima ruangan mulai dari Antenatal Care, Intranatal Care, Postnatal Care, Bayi, dan KB,” Kata Pendamping Institusi UPA Vivin Helvira.

Vivin mengatakan, praktek Komprehensif ini merupakan praktek terakhir yang dilalui Mahasiswa sebelum melakukan penyusunan karya ilmiah.

“Tujuannya untuk melatih mahasiswa menangani pasien secara mandiri, mulai dari usia kandungan 7 bulan sampai persalinan. Kemudian penanganan saat melahirkan, dilanjutkan dengan melalukan kunjungan rumah selama masa masa nifas. Sampai dengan penggunaan KB,” katanya.

Praktek komprehensif ini, kata Vivin adalah upaya UPA untuk melahirkan alumni siap kerja. Sehingga pengalaman yang didapatkan selama praktek dapat diterapkan secara mandiri di tempatnya bekerja setelah lulus dari kampus. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *