Doula, Asisten Profesional Pendamping Ibu Menuju Hari Persalinan. Sudah Ada di Klinik UPA!

Keberadaan doula sebagai pendamping persalinan kian banyak diminati oleh para ibu hamil.

Bahkan, tidak sedikit calon ibu yang rela merogoh kocek dalam-dalam agar ditemani oleh doula saat melahirkan.

Doula adalah asisten pribadi profesional yang bertugas menjaga kenyamanan ibu sampai hari persalinan tiba.

Saat ini, di klinik Fakultas Kesehatan Univeristas  Patria Artha sudah ada sejumlah Doula bersertikifat yang dapat disewa sewaktu-waktu.

Syaratnya, calon ibu yang ingin menyewa jasa doula harus sudah pernah mengikuti kelas Hypnobirthing di klinik UPA. Mengapa?

Praktisi Hypnobirthing  UPA, Irmawati mengatakan, tujuan adanya doula adalah untuk membantu para wanita hamil melalui pengalaman melahirkan yang lancar, nyaman, dan minim rasa sakit.

“Sehingga harus dibangun chemistri yang kuat antara doula dan calon ibu. Karena intinya adalah rasa percaya ibu kepada Doula,” katanya.

Doula adalah pendamping persalinan bersertifikat.

Kata ‘doula’ dalam bahasa Yunani berarti seorang pembantu wanita. Maksudnya, doula berperan khusus untuk mendampingi para calon ibu dan memberikan dukungan dari segi emosional, fisik, sekaligus juga edukasi pada pasangan suami-istri untuk menyambut kelahiran bayi.

Doula mendampingi ibu dari semenjak kehamilan, selama melahirkan, hingga setelah melahirkan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kehadiran doula selama persalinan.

Kehadiran doula mampu menurunkan risiko melahirkan caesar hingga sebesar 50 persen mempersingkat waktu persalinan hingga sebesar 25 persen mengurangi penggunaan induksi (baik dengan obat atau alat seperti forcep) hingga sebesar 40 persen, hingga mengurangi permintaan epidural sebesar 60 persen.

Itu sebabnya tidak sembarangan orang bisa menjadi doula.

Doula adalah asisten pribadi profesional yang bersertifikat karena telah terlebih dulu menjalani pendidikan dan pelatihan formal seputar kehamilan dan melahirkan. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *