Dosen Elektro UPA Sumbang Ide RUED-P

IDE cemerlang Dosen Teknik Elektro Universitas Patria Artha (UPA) Ir. Moch. Apriyadi, HS, MT patut dijempol.

Keberaniannya dalam memberikan sumbangsih ide terhadap Rencana Energi Daerah Provinsi (RUED-P), saat Focus Grup Discussion (FGD) di ruang rapat pimpinan kantor Gubernur Sulsel, 11 Mei 2018. Serta ikut membahas hasil FGD untuk di tuangkan dalam penyusunan buku RUED-P di ruang rapat Dinas ESDM Pemprov Sulsel tgl 12 Mei 2018 terbilang menarik.

Pembahasan RUED-P Sulawesi Selatan yang mengacu pada Rencana Energi Nasional ini dihadiri kepala Dinas, pimpinan perguruan tinggi, asosiasi, perusahaan, pakar dan pemerhati.

Dia mengatakan, pada kesempatan FGD pihaknya memberikan masukan agar energi daerah harus fokus kepada penyediaan listrik,yang semakin tahun selalu menjadi kebutuhan masyarakat maupun industri.

Penyusunan Buku RUED-P dari hasil FGD sebelum tanggal 12 mei 2018

Sehingga, kata dia, harus menambah pembangkit energi terbarukan seperti hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap dan Jeneponto.

“Selain itu harus juga menambah infrastruktur jaringan transmisi untuk mendukung sistem interkoneksi, dan sistem keandalan jaringan dengan menggunakan GIS (geographic information System) untuk mengetahui lokasi gangguan,” tuturnya.

Sehingga, mempercepat proses penanganan gangguan dan dapat memberikan visualisasi yang baik terhadap perkiraan lokasi gangguan yang terjadi.

“FGD ini diharapkan dapat memberikan gambaran kebutuhan energi maupun rencana penyediaan energi hingga 2050, terkait energi daerah serta memuat kebijakan dan program strategis yang bersifat kuantitatif atau terukur,” pungkasnya. SDM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *