Begini Gaya Hidup Sehat Warek 1 UPA di Akhir Pekan, Bisa Ditiru

Begini Gaya Hidup Sehat Warek I UPA, Partono di Akhir Pekan

Wakil Rektor I UPA Bidang Akademik, Partono Soemaryo punya cara unik untuk menjaga kesehatan sekaligus membantu mengurangi polusi.

Patut dicontoh nih!

Setiap akhir pekan, atau pada hari terakhir proses belajar mengajar di hari Jumat, Partono selalu menyempatkan untuk bersepeda ke kampus.

Apalagi, setiap hari Jumat, civitas akademika UPA diagandekan untuk berolahraga bersama di kampus.

“Jadi karena ke kampus pakai baju olahraga, sekalian saya naik sepeda. Hitung-hitung olahraga dan bantu kurangi polusi kendaraan, ” katanya.

Gaya hidup sehat bersepeda Partono ini sudah dijalankan sejak beberapa tahun terkahir. Menurutnya, langkah kecil seperti ini selain membantu mengurangi polusi tentu berdampak baik pada kesehatannya dan juga menjadi contoh yang baik bagi yang lain.

Nah apa saja manfaat bersepeda jika dilakukan secara rutin? Simak yuk!

1. Mengendalikan berat badan

Bersepeda ternyata sangat ampuh mengendalikan berat badan. Kenapa? bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu Anda untuk memastikan bahwa pengeluaran energi Anda lebih besar daripada asupan energi, karena Anda membakar kalori saat sedang bersepeda.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

3. Mengurangi risiko kanker

Jika Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

5. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh

Bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

6. Mengurangi stres

Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh Anda memprodukdi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *