Begini Cara Dosen Kebidanan UPA Belajar Hypnobirthing

Manajemen Universitas Patria Artha (UPA) tak henti-hentinya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya, khususnya untuk para tenaga dosen.

Salah satunya dilakukan sejumlah dosen dari Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kesehatan UPA, Jumat (04/05), di Kampus UPA, dengan mengikuti pembelajaran Hypnobirthing.

Hypnobirthing adalah metode yang menggunakan self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap serta mengurangi persepsi akan ketakutan, kecemasan atau tegang, dan rasa sakit saat melahirkan.

Pada kesempatan tersebut beberapa dosen Kebidanan bersama praktisi hypnobirthing UPA, yakni Fauziyah Annisa dan Irmawati mengajak semua dosen kebidanan untuk memperdalam ilmu hypnobirthing dengan belajar bersama.

“Jadi sebelum kami implementasikan ke mahasiswa, maka dosen-dosen dulu yang diajarkan metodenya. Apalagi, ini adalah uggulan di prodi kebidanan nantinya dan diyakini akan banyak diminati,” ujar Ketua Prodi Kebidanan Fauziyah Annisa.

Dia menjelaskan, nantinya metode yang diajarkan ke mahasiswa bagaimana melakukan pelayanan ke pasien dengan metode hypnobirthing, serta bagaimana kita mengedukasi ibu hamil ketika menghadapi persalinan dengan minim yang namanya sakit atau sama sekali tidak merasakan sakit.

Banyak materi yang diberikan kepada dosen kebidanan UPA, yakni mulai bagaimana kita memasuki alam bawah sadar seseorang agar lebih rileks, bagaimana melakukan pemijatan ibu hamil agar tidak merasakan sakit.

Tak hanya itu, kata dia, diajarkan bagaimana melakukan penjahitan dan penyuntikan ibu hamil dengan tidak merasakan sakit.

“Dosen kebidanan sangat semangat untuk belajar ilmu ini, karena menurut mereka ilmu ini adalah ilmu yang luar biasa dan sangat bermanfaat buat para bidan,” tuturnya. (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *