Perdalam Ilmu, Mahasiswa Program Perawat Udara Praktek Langsung ke Lakespra

Mahasiswa Program  Flight Nurse (FN) atau perawat udara bakal melakukan kunjungan dan praktek lapangan guna memperdalam ilmunya mengenai kesehatan dalam penerbangan.

Pagi ini,  Rabu (2/5/2018) sebanyak 71 rombongan yang terdiri dari 65 mahasiswa semester 8 dan 6 orang dosen pendamping  bakal berangkat menuju destinasi pertama yaitu  Garuda Indonesia.

Pelepasan rombongan kunjungan dan praktek lapangan ini dilakukan langsung oleh Rektor UPA,  Bastian Lubis di halaman kampus UPA.

“Silahkan dimanfaatkan moment nya untuk mendapatkan ilmu baru sebanyak-banyaknya,” katanya.

Sementara itu,  Ketua Prodi Keperawatan Fakultas Kesehatan UPA,   Andi Saputri Mulyana bilang,  selain Garuda,  rombongan juga akan berkunjung ke sejumlah tempat lain seperti  pada 3 Mei,  akan berkunjung ke Lembaga Kesehatan Penerbangan ( LAKESPRA)

“Di Lakespra, mereka akan melakukan prakter dan simulasi langsung  penanganan kegawatdaruratan  di atas pesawat,” katanya.

Selanjutnya,  perjalanan akan dilanjutkan  ke Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia pada 4 Mei 2018. Kegiatan yang akan dilakukan di sana adalah Benchmarking.

“5-6 Mei,  kita  praktik Terbang Layang,  di Kalijati-Subang terakhir kita kunjungan ke RSUP Dr. Sardjoto, Yogyakarta pada 8 Mei 2018,” katanya.

Putri mejelaskan,  tujuan utama  kegiatan ini adalah menciptakan lulusan yang berkompeten.  Karena selain sudah mendapatkan ilmu akademisnya secara teori, mahasiswa juga sudah memiliki pengalaman praktik melalui praktik lapangan semacam ini.

“Iya. Mahasiswa harus terjun langsung.  Simulasi langsung, ” katanya. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *