Sungguh Mulia! Mahasiswa Kesmas UPA Ajari Penderita Kusta PHBS

Sikap Mahasiswa Semester II Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Patria Artha ( UPA) patut diapresiasi dalam hal kepedulian terhadap sesama.

Meski terbilang baru menyandang status mahasiswa, mereka sudah diberikan pengalaman lebih dalam menghadapi dunia nyata sesuai disiplin ilmunya kelak.

Salah satunya dengan menggelar sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan masyarakat penderita kusta, di Kampung Kusta Jalan Dangko, Selasa (24/04).

Kegiatan ini merupakan bagian dari PBM mahasiswa.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Ketua Prodi Kesmas UPA, Dian Ekawaty,  mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan kemandirian pada mahasiswa.

Tak hanya itu, kegiatan dilaksanakan untuk menciptakan keberanian pada mahasiswa, agar tidak takut mengahadapi orang-orang yang menderita penyakit menular.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik ke masyarakat, mendapatkan informasi yang akurat tentang keberadaan kampung kusta di Kota Makassar, ” ujarnya.

Dia menjelaskan,  melalui kegiatan ini juga mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan kepada  masyarakat pentingnya PHBS baik di lingkungan sendiri maupun lingkungan sekitar.

“Sebelum melakukan kegiatan ini tingkat kecemasan atau ketakutan mahasiswa sangat tinggi, karena lingkungan yang akan mereka kunjungi adalah penyakit menular,” terangnya.

Namun, sebagai anak Kesmas harus mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, harus bisa menaklukkan situasi apapun. Serta,  harus bisa meyakinkan diri sendiri maupun orang lain bahwa penderita Penyakit Menular (kusta) jangan dijadikan momok menakutkan sehingga dengan gampang mengucilkan orang-orang. (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *