Hebat, Hanya UPA Miliki Dosen Hypnobirthing Kebidanan. Ini Pentingnya

MEMUTUSKAN untuk melanjutkan kuliah diploma tiga kebidanan di Universitas Patria Artha (UPA) tentu sudah menjadi keputusan tepat.

Betapa tidak, dikampus ini rupanya dosennya tidak hanya mengenyam pendidikan ditingkat perguruan tinggi agar bisa diakui memiliki kemampuan untuk bisa mengajar.

Tapi juga, secara spesifik dosen yang mengajar pada sub disiplin ilmu tertentu pada sebuah mata kuliah benar-benar sudah terlatih dan sangat profesional.

Salah satunya, untuk dikebidanan meski belum masuk dalam program kurikulum tentang Hypnobirthing. Namun, dosennya sudah memiliki sertifikat keahlian dibidang tersebut.
Di luar pulau Jawa, UPA menjadi satu-satunya kampus yang memiliki prodi kebidanan dosennya bersertifikat hypnobirthing.

Hypnobirthing adalah metode yang menggunakan self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap serta mengurangi persepsi akan ketakutan, kecemasan atau tegang, dan rasa sakit saat melahirkan.

Menurut Menurut Ketua Program Studi DIII Kebidanan, Fakultas Kesehatan UPA, Fauziyah Annisa, meski belum masuk dalam kurikulum tentang hypnobirthing, tahap awal akan dijadikan ekstrakurikuler bagi mahasiswa kebidanan bekerjasama dengan Klinik Utama Patria Lestari.

Kata dia, sebenarnya untuk dosen semua sudah siap. Tak tanggung-tanggung sebanyak 3 dosen sudah mengantongi sertifikasi tekni terbari dalam mendampingi para ibu hamil melahirkan.

“Di UPA, ada tiga dosen yang sudah mengantongi keahlian untuk dapat mengajarkan tekni tersebut. Saya dan dua dosen lainnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dosen ini telah mengikuti pelatihan metode hypnobirthing yang memberikan banyak manfaat.

Fauziah menjelaskan, saat pelatihan para dosen diajarkan Jadi yg diajarkan bagaimana meminimalkan dan bahkan menghilangkan rasa takut , sindrom rasa sakit serta panik dalam proses persalinan.

Lalu, mempersingkat fase awal proses persalinan yaitu pembukaan yg bisa memakan waltu 10 sampai 24 jam ( terutama untuk kelahiran anak pertama).

“Kami juga diajarkan bagaimana menghilangkan keletihan saat selesai persalinan ibu, mempercepat masa pemulihan pasca persalinan,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, hypnobirthing dapat membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis. Terpenting, mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan sang ibu.

“Alhamdulillah, di luar Pulau Jawa baru kami satu-satunya kampus yang memiliki dosen bersertifikat hypnobirthing,” ungkapnya. (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *