Mau Akreditasi, UPA Dikunjungi Tim Asesor BAN PT 

Universitas Patria Artha (UPA) kembali menunjukkan kelasnya, jika Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini sangat mengedepankan jaminan mutu dan layanan dalam menjalankan organisasinya.

Hal itu terbukti dengan upaya kampus yang dipimpin Rektornya, Bastian Lubis untuk menyematkan akreditasi pada kampusnya disemua fakultas serta program studi yang ada.

Wujudnya, dengan hadirnya tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama tiga hari 10-12 April  di kampus UPA untuk melakukan Asesmen Lapangan PT.

Hadir pada kegiatan tersebut Tim Asesor BAN PT,  Prof Waridin MS. Ph.D , Dr. Muh.Yamin  dan Dr. Lukito Edi Nugroho.

Akreditasi sendiri menjadi tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi.

Tuntutan ini diatur dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Dengan akreditasi ini, menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen, disini BAN-PT. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.

Rektor UPA Bastian Lubis pada kesempatan itu menyampaikan visi upa tercapainya universitas yang modern 2020 dan misi scientist, technologi dan profesional.

Kemudian, kata dia, visi dan misi tersebut diimplementasikan pada tujuan sebagai lembaga pendidikan yang menyuplai SDM unggul, juga berfungsi sebagai lembaga penelitian

“Kami menyelenggarakan program diploma, sarjana dan magister. UPA mempunyai tiga Fakultas terdiri Fakultas Ekonomi,Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan,” ujarnya.

Bastian menjelaskan, keberadaan fakultas tersebut disupport tenaga SDM dosen sebanyak 120, sementara jumlah mahasiswa sebanyak 1.747 orang. Untuk dosen bergelar Doktor dan Master, serta jabatan akademik asisten ahli, lektor hingga lektor kepala

Dikatakannya, usulan visitasi UPA sejak tahun 2013, dengan telah disiapkan 7 dokumen standard sebagai acuan pokok disertai lampiran faktual kegiatan dan Rencana Induk Pengembangan (RIP). (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *