Kuliah di UPA, Bisa Punya Skill Jurnalistik

UKM Jurnalistik UPA bertandang ke kantor salah satu media di Makassar

ASYIKNYA kuliah ditempat yang menawarkan banyak pilihan mengasah skill diluar program studi yang dipilih tentu menjadi hal menarik.

Betapa tidak, mahasiswa akan memperoleh skill tambahan dan tentunya itu juga dapat jadi bekal dalam menghadapi dunia kerja.

Salah satunya dapat dijumpai di Universitas Patria Artha (UPA). Di Kampus ini, dukungan rektorat dalam mendorong mahasiswanya berkembang melalui Uni Kegiatan Mahasiswa (UKM) cukup tinggi.

Banyak UKM yang dibentuk untuk memberi ruang berekspresi bagi mahasiswanya, agar tak sekedar mengandalkan ilmu yang diperoleh secara formal tapi juga non formal.

UKM Jurnalistik salah satunya. Sejak dibentuk 2016, UKM ini banyak menarik minat mahasiswa untuk ikut serta.

Menurut Pembina UKM Jurnalistik UPA, Adipar, UKM Jurnalistik ini dibentuk untuk mendorong meningkatkan minat baca, eningkatkan jiwa kepenulisan, mengembangkan pemikiran kritis, serta mengembangkan dunia fotografi.

Kata dia, UKM Jurnalistik UPA tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang tertarik dalam dunia berita dan fotografi. Tapi juga sebagai pengembangan untuk mampu berbicara di depan umum (public speaking), serta penulisan karya ilmiah yang non-plagiarisme.

“Kedepannya mahasiswa yang tergabung dalam Anggota UKM Jurnalistik UPA memiliki skill di dunia Jurnalis, sehingga mampu bersaing untuk bekerja di dunia penerbitan, meski bukan dari program studi komunikasi khususnya jurnalistik, ” tuturnya.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan, seperti lens fix, pelatihan dasar jurnalistik dikalangan SMA, kunjungan rutin pada perusahaan yang bergelut di dunia penerbitan, pembuatan blog dan website, serta hunting fotografi. (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *