Begini Latihan Siaga Bencana ala UKM Medic Emergency

Pelatihan Medical Emergency

Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dimiliki Universitas Patria Artha (UPA) adalah Medical Emergency.

UKM ini hadir untuk mempersiapkan mahasiswa mampu menjadi tim siaga bencana. Untuk itu, UKM Medical Emergency memiliki sederet pelatihan.

Ketua UKM Medical Emergency M Syahru Ramadhan mengatakan, saat ini akan digelar pelatihan tahap 1 yang diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 05.

“Pelatihan dilaksanakan setiap Jumat siang hingga sore dan dipusatkan di Kampus kampus UPA baik indoor maupun di lapangan,”ujar Syahru Ramadhan.

Syahru menjelaskan, dalam kegiatan tersebut mahasiswa dilatih untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi cara melakukan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD) basic, yang meliputi balut bidai’ , bantuan hidup dasar dan trasnportasi evakuasi.

Bukan hanya itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk “golden Time” dalam penanganan penderita gawat darurat.

“Kedepannya kami berharap bukan hanya mahasiswa yang terlibat, namun seluruh civitas akademik UPA termasuk cleaning service dan security,”tuturnya.

Lebih jauh, Syahrul menambahkan, mahasiswa siaga bencana yang ditelurkan baik meliputi persoalan kecelakaan lalu lintas, maupun bencana alam. (DEE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *