Keren! Mahasiswa UPA Punya Skill Medical Emergency

MAU cari tempat kuliah yang tidak hanya membekali mahasiswanya pada ilmu terapan sesuai program studi (prodi), tapi juga menyediakan tempat bagi mahasiswanya bisa menyalurkan hobby melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dibidang kesehatan?.

Tentu, jika mencari yang menawarkan paket lengkap ini tak perlu bingung. Karena di Universitas Patria Artha (UPA) tempatnya.

Di kampus yang berlokasi di Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa, para mahasiswa bisa memilih jenis UKM sesuai peminatannya. Salah satunya UKM Medical Emergency.

Saat ini, UKM tersebut menawarkan pelatihan Penanggulangan  Penderita Gawat Darurat Basic  (PPGD-B) yang diikuti mahasiswa angkatan 05.

Pelatihannya dilaksanakan di kampus UPA baik di indoor maupun outdoor setiap hari Jum’at, mulai pukul 14.00-17.30 WITA.

Ketua UKM Medical Emergency (ME) UPA,  M.Syahru Ramadhan menjelaskan, di Medical Emergency  mahasiswa dilatih untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi cara melakukan PPGD basic, yang meliputi balut bidai’, bantuan hidup dasar dan trasnportasi evakuasi.

Kata dia, selain meningkatkan kompetensi, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk “golden Time” dalam penanganan penderita gawat darurat.

“Kedepannya, kami berharap bukan hanya mahasiswa yang terlibat, namun seluruh civitas akademik UPA termasuk cleaning service dan security,” ujarnya, Senin (09/04).

Dia menjelaskan, kegiatan ini dipersiapkan agar  mahasiswa yang tergabung dalam UKM ME mampu menjadi tim siaga bencana,baik persoalan kecelakaan lalu lintas, maupun bencana alam.

Medical EMERGENCY adalah sebuah unit kegiatan yang dilakukan pada tanggal 23 Februari 2015 yang berkedudukan di Universitas Patria Artha. UKM medical Emergency didirikan dengan maksud memberikan pelayanan kesehatan lapangan yang menggunakan prinsip kegawatdaruratan.

Adapun pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan ilmu kesehatan. UKM Medica Emergency membina dan mendidik generasi muda Indonesia pada umumnya dan khususnya mahasiswa Universitas Patria Artha. (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *