Klinik Utama UPA Bakal Kantongi ISO Manajemen Mutu

KUALITAS layanan pada calon pasien menjadi standarisasi utama yang perlu diperhatikan, utamanya pada sebuah layanan kesehatan.

Kendati pengelola mengakui telah menerapkan layanan terbaik, rupanya hal itu tak bisa menjadi indikator pengakuan jika tak mendapat pengakuan standar manajemen mutu ISO 9001 versi 2015.

ISO 9001: 2015 adalah salah satu standar international untuk sertifikasi manajemen mutu atau sertifikasi sistem manajemen kualitas. ISO ini diberikan bertujuan agar pemberi jasa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan badan standar dunia yaitu badan ISO.

ISO inilah yang dalam waktu dekat segera dikantong oleh salah satu unit bisnis miliki Yayasan Universitas Patria Artha (UPA), yakni Klinik Utama Patria Lestari.

Semangat untuk memperoleh pengakuan sertifikasi international tersebut diwujudkan dengan dilakukannya audit  eksternal ISO 9001:2015  oleh Auditor SAI Global Indonesia, dr. Dipo Pramudito pada 10 Maret lalu.

Menurut Staff Bagian Umum Klinik Utama Patria Lestari,  Adhitya Pratama Sofyan, audit eksternal dilakukan dalam rangka sertifikasi mutu klinik, dengan subyek penilaian pada mutu pelayanan, laboratorium, sumber daya manusia (SDM), marketing dan hal umum.

Termasuk, kata dia, penilaian pada fasilitas yang dimiliki mulai dari keberadaan poli umum, poli anak, poli gigi, THT, poli obgyn atau kebidanan. Ada pula, fasilitas laboratorium, ECG, Audiometri, spirometri dan treadmill.

“Manfaat ISO ini jika nanti sudah dimiliki tentu menjadi nilai jual klinik, bahwa pelayanan kami sudah standar dan bersertifikasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, proses memperoleh pengakuan ISO 9001 versi 2015 tersebut bukan perkara mudah, karena proses penilaiannya selama 1 bulan lebih dengan tiga tahap. Tahapan tersebut,  GAP Analysis, pra audit dan audit.

Diakuinya, saat ini dari sejumlah fasilitas yang dimiliki baru Laboratorium yang telah difungsikan, dan fasilitas lainnya akan segera menyusul dengan memanfaatkan SDM atau alumni Patria Artha dan melalui proses perekrutan secara umum.

“Kami sedang menunggu hasil penilaiannya, tapi peluang untuk memperoleh ISO tersebut cukup besar karena direkomendasikan untuk segera diterbitkan,”pungkasnya. (SDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *