Kuliah Teknik Mesin UPA, Bisa Operasikan Robot Loh!

Mochammad Apriyadi Hadi Sirad

Apa yang kalian ketahui tentang Teknik Mesin? Bisa jadi hanya secara umum saja yakni tentang mesin dan peralatannya..

Namun siapa sangka, lebih dari itu teknik mesin ternyata cukup rumit. Pembelajaran secara rinci tentang teknik mesin ini dapat kalian di  temukan Universitas Patria Artha (UPA).

Prodi Teknik Mesin di bawah naungan Fakuktas Teknologi Informatika UPA ini mempelajari berbagai hal seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida seperti mesin fluida dan lainnya.

“Mahasiswa juga diajarkan bagaimana merancang suatu mesin yang efisien, mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut,” Ujar Moch Apriyadi HS selaku Pelaksana Tugas Ketua Prodi Teknik Mesin UPA.

Selain itu, lanjut Apriyadi, ada juga ilmu tentang teknik produksi mesin, serta ilmu dan teknik material.

Namun ilmu material yang dipelajari di teknik mesin UPA difokuskan pada bagaimana suatu jenis bahan memenuhi fungsi tertentu atau kualifikasi suatu peralatan mesin.

Satu hal yang menarik di teknik mesin UPA, mahasiswa  dapat belajar mekatronika yaitu tentang pembuatan dan pengoperasian robot.

“Untuk itu mereka harus ditunjang pengetahuan dasar sains, seperti matematika, fisika dan kimia serta teknologi informasi untuk menunjang pengembangan keahlian seorang sarjana Teknik Mesin,”tandasnya. (DEE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *