7 Pelatihan Khusus Perawat Udara Hanya Ada di UPA

Pelatihan Perawat Udara Ternyata Asyik Loh

Menjadi seorang perawat udara memang tidak semudah yang dipikirkan orang-orang. Berbeda dengan perawat pada umumnya,  perawat udara atau flight nurse dituntut memiliki keahlian khusus.

Sebagai kampus pertama dengan prodi flight nurse, Universitas Patria Artha (UPA) tidak ingin setengah-setengah dalam membekali mahasiswanya.

Selain teori dari ahli yang berpengelaman, calon flight nurse UPA pun menjalani serangkaian pelatihan yang mengasyikkan dan memacu adrenalin. Apa saja itu?

HYPOBARIC CHAMBER

Ruang hypobaric chamber atau ruang ketinggian adalah suatu ruang yang digunakan selama penelitian aerospace atau high terrestrial altitude atau pelatihan untuk mensimulasikan efek ketinggian pada tubuh manusia, terutama hipoksia (oksigen rendah) dan hipobia (tekanan udara ambien rendah).

NIGHT VISION TRAINER (NVT)

Sebuah ruangan gelap yang berguna untuk mensimulasikan penerbangan malam hari. Dalam artian night vision adalah penglihatan malam seorang pilot dalam membawa pesawatnya.

EJECTION SEAT TRAINER (EST)

Ejection Seat atau kursi lontar adalah sebuah alat yang digunakan untuk mensimulasikan cara menyelamatkan diri dari keadaan darurat diatas pesawat tempur. Kursi ini akan melontar keatas ketika katup/tuas penguncinya dilepas.

BASIC ORIENTATION TRAINING (B.O.T)

Basic Orientation Training (B.O.T) adalah sebuah alat yang berbentuk kepala pesawat yang digunakan untuk mensimulasikan bagaimana cara menerbangkan pesawat dengan hanya menggunakan instrtumen navigasi, hal ini berguna untuk melatih skill dalam mengoperasikan sistem navigasi.

 

HUMAN CENTRIFUGE

Human Centrifuge adalah sebuah alat yang digunakan untuk mensimulasikan paparan gaya G. Gaya G sendiri adalah sebuah gaya tarik gravitasi bumi yang akan dialami oleh semua penerbang yang melakukan manuver, maka pelatihan ini perlu dilakukan agar kita dapat terbiasa ketika berada dalam pesawat apalagi pesawat yang melakukan manuver.

HELICOPTER UNDER WATER ESCAPE TRAINER (HUET)

HUET adalah sebuah pelatihan penyelematan diri pada saat helikopter mengalami crash landing di laut. Tujuan dari pelatihan ini ialah Memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada Crew dan penumpang agar dapat melakukan dan menyelamatkan diri secara maksimal pada situasi keadaan darurat ketika helicopter terpaksa mendarat di air dan kemungkinan tenggelam.

TERBANG LAYANG

Adalah pelatihan untuk menerbangkan pesawat yang sebenarnya, namun dalam hal ini pesawat yang digunakan adalah pesawat tanpa mesin yang memanfaatkan tenaga termal.

Kegiatan ini juga dijadikan evaluasi tentang keilmuan aerofisiologi yang telah didapat dari pelatihan pelatihan sebelumnya, selain itu juga untuk menjadikan diri terbiasa di udara yang asli. (DEE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *