Mahasiswa UPA Abdikan Diri Hingga ke Desa

Mahasiswa UPA Ajak Masyarakat Pangkep Hidup Sehat

Mahasiwa UPA Ajak Masyarakat Pangkep Hidup Sehat

Peserta KKN mahasiswa Faklutas Kesehatan Universitas Patria Artha menggelar program  Musyawarah Masyarakat Desa II Kebidanan Komunitas & Seminar KKN Kesehatan Masyarakat, 11-17 Maret 2018.

Berlokasidi Desa Bantimurung Kec.Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep, program tersebut akan berlangsung sepekan berturut-turut tersebut.

Sementara pembukaan dilaksanakan pada Jumat (10/3/2018) dihadiri oleh Kepala Desa, tokoh masyarakat, ibu PKK, bidan Desa, dan beberapa kader-kader Kesehatan di sekitar area tersebut

Salah satu rangkaian acara ada kegiatan tersebut adalah penyuluhan kesehatan bagi warga sekitar.

Berdasarkan hasil pendataan mahasiswa UPA pada 2 – 6 Maret 2018, sebanyak 176 Kartu Keluarga (KK) pada 4 RT  ditemukan frekuensi penderita DBD selama 1 tahun terakhir dan di temukannya ibu hamil anak ke 8 di usia masih produktif dengan resiko tinggi.

Menurut Petta, warga setempat, kehadiran mahasiswa UPA sangat membantu memajukan Desa Bantimurung Kec.Tondong Tallasa kab Pangkep menjadi lebih baik lagi khususnya dari segi kesehatan.

Upaya yang di lakukan mahasiswa yaitu dengan memberikan konseling kepada warga tentang pentingnya jamban di setiap rumah.

mahasiswa kesehatan masyarakat juga melakukan penyuluhan tentang 3M di setiap Rumah yg mereka data.

Mahasiswa kebidanan juga memberikan konseling tentang KB, bekerjasama dengan kader-kader setempat, melalukan posyandu lansia dan olahraga jantung sehat.

Kami dari Tim Pembimbing juga memberikan masukan untuk menggarap apotik hidup di pekarangan kantor desa. Dimana kami mengharapkan kedepan apotek hidup ini dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang manfaat dari tanaman yang berada disekitar Desa Dantimurung.

Selanjutnya ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa kebidanan yaitu pembinaan kader-kader untuk pemeriksaan tanda-tanda vital (TTV) dan mahasiswa kesehatan masyarakat akan melakukan pembuatan saluran pembuangan air limbah domestik,Melakukan pemeriksaan masa kadaluwarsa produk jualan (berdsrkn saran dandim pd saat penerimaan mhssw).

Dan melakukan kolaborasi kebidanan dan kesehatan masyarakat untuk memberikan penyuluhan PHBS dan penyuluhan tentang HIV AIDS SMP dan SMA setempat. (DEE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *