Keren Itu, Perawat yang Bisa Bahasa Inggris!

Nursing English Club

Ilmu Keperawatan Prodi S1 menggelar Nursing English Club (NEC) di Aula Universitas Patria Artha. (doc/UPA)

Mahasiswa Keperawatan UPA Jago Ilmu Kesehatan dan Jago Pula Ilmu Bahasa

Guys… Bisa berbahasa Inggris kadang dianggap orang Indonesia sebagai sebuah kebanggan atau pride karena dianggap menaikkan derajat seseorang. Padahal manfaat pengetahuan bahasa Inggris sebagai bahasa global sebenarnya sebagai penyelamat keilmuan lain.

Jadi, jika anda mengetahui ilmu atau teori terkait kesehatan terbaru dan ingin menyebarluaskan informasinya, maka anda perlu bahasa Inggris untuk menyamoaikan informasi tersebut kepada audience lain.

Hal ini berlaku juga untuk keilmuan spesifik seperti perawatan, butuh kemampuan bahasa agar bisa berbagi dengan individu atau instritusi se-profesi keperawata.

Berangkat dari kebutuhan di atas, mahasiswa Universitas Patria Artha menggelar pembelajaran bahasa inggris bersama melalui sebuah organisasi bahasa.

SEJARAH telah lama menceritakan bagaimana tradisi ilmu bisa menjadi akar dari lahir dan majunya sebuah peradaban bangsa. Bisa kita cermati, bagaimana setiap bangsa dalam menjaga dan memposisikan tradisi ilmu di negaranya masing-masing.

Lalu kita cermati, seperti apa kemajuan yang dibentuknya. Kemajuan dalam hal ini tentu tidak hanya berbicara tentang bidang ekonomi, budaya, atau politiknya, tapi juga tentang kualitas moral manusia manusia di dalamnya.
Meningkatkan budaya ilmiah, menjadi satu titik awal menjalankan tradisi keilmuan tersebut. Budaya yang menjelma dari aktivitas membaca, menulis, dan berdiskusi.

Nursing English Club (NEC)
Ilmu Keperawatan Prodi S1 menggelar Nursing English Club (NEC) di Aula Universitas Patria Artha. (doc/UPA)

Bagi kalangan cendekia dan/atau intelektual, tentu hal ini bukan sebuah pilihan, tapi telah menjadi sebuah keniscayaan. Para cendekia, haruslah membudayakan membaca,menulis, berdiskusi. Dan budaya ini lahir dari sebuah rutinitas/kebiasaan. Tidak secara instan terbentuk begitu saja, semudah membalikkan telapak tangan.

Menangkap semangat November 2017, mahasiswa di lingkup Prodi S1 Ilmu Keperawatan menggelar Nursing English Club (NEC) untuk kemudian menjadi sebuah wadah dan upaya dalam mewujudkan budaya ilmiah tersebut. Dengan mengusung tema: “NEC: Conquer the World”, harapannya komunitas yang baru saja terbentuk ini dapat memberikan angin segar sebagai sebuah upaya dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa inggris.

Semoga semangat ilmiah ini dapat dijaga, diperbaharui, untuk kemudian dapat terus ditingkatkan,” ungkap saputri, Ka. Prodi S1 Ilmu Keperawatan UPA.

Pertemuan perdana yg digelar di Aula UPA, turut hadir Wakil Rektor 1 Universitas Patria Artha, Ka.Prodi S1 Ilmu keperawatan, dan staf dosen di lingkup Prodi S1 Ilmu Keperawatan. (Nan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *