Mau Tahu Detail Bagaimana Mengoperasikan Robot? Ayo Kuliah di UPA

Ilustrasi. (Src: int)

Ilustrasi. (Src: int)

Teknologi semakin berkembang. Sejumlah industri mulai membuat teknologi canggih yang didesain khusus memudahkan bahkan menggantikan tugas manusia, salah satunya pembuatan robot.

Namun, memang cukup rumit dan banyak hal terperinci yang harus dipelajari untuk sampai pada target pembuatan robot utuh.

Ketua Prodi Teknik Mesin, Universitas Patria Artha (UPA), Moch Apriyadi HS, pembuatan produk canggih tersebut bisa dipelajari detail mahasiswa UPA. Masuk dalam pelajaran dan konsentrasi Mekatronika yaitu tentang pembuatan dan pengoperasian robot.

Namun kata dia, mahasiswa harus mempelajari tuntas ilmu sain terlebih dahulu.

“Untuk itu mereka harus ditunjang pengetahuan dasar sains, seperti matematika, fisika dan kimia serta teknologi informasi untuk menunjang pengembangan keahlian seorang sarjana teknik mesin,” jelasnya.

Tak hanya itu, melalui pembelajaran kosentrasi Teknik Mesin, mahasiswa bisa mempelajari berbagai hal seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida seperti mesin fluida dan lainnya.

“Mahasiswa juga diajarkan bagaimana merancang suatu mesin yang efisien, mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut,” tandasnya. (IDP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *