Bakal Punya Pusat Career Center, Alumni Teknik Elektro UPA Tidak akan Menganggur

Ilustrasi Teknik Elektro

Salah satu tujuan utama melanjutkan pendidikan adalah agar mendapatkan pekerjaan impian dengan mengandalkan skill dan pendidikan mumpuni.

Menyadari hal tersebut, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Patria Artha merasa perlu menggagas kehadiran sebuah Pusat Career Center.

“Strategi yang satu ini baru-baru tercetus, karena dirasa penting dan sangat diperlukan bagi para alumni yang membutuhkan bimbingan atau mengetahui tentang lowongan kerja serta mendapat informasi tentang perusahaan yang telah bekerjasama dengan universitas mereka,” kata Ir Mochammad Apriyadi HS, S.T.,M.T Ketua Program Studi S1 Teknik Elektro.

Apriyadi melanjutkan, hal ini pun bisa menjadi branding yang sangat bagus bagi universitas, pasalnya, rerata para calon mahasiswa baru akan melihat apakah setelah lulus mereka akan diperhatikan oleh kampus untuk melanjutkan di dunia kerja.

“Ban-PT pun sangat menganjurkan adanya Pusat Carir Center ini, yaitu dengan dianjurkannya bagi setiap perguruan tinggi memantau para lulusan sebagai salah satu point penilaian dalam akreditasi. Biasanya pemantauannya menggunakan Aplikasi Tracer Study,” katanya.

Dia melanjutkan, pada era sekarang branding juga harus diterapkan oleh instansi pendidikan untuk menarik stakeholder, serta meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan mereka agar tidak putus sampai tingkat SMP atau SMA.

“Ternyata di indonesia tingkat minat anak didik untuk melanjutkan ke study atas atau melanjutkan kuliah masih minim, oleh karena itu sangat dibutuhkan branding perguruan tinggi, disamping mencari mahasiswa baru seharusnya kita bisa memangkas jumlah anak didik yang kurang berminat untuk melanjutkan pendidikannya dengan adanya branding ini,” tambahnya. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *