Dosen UPA: TPA Harus Jadi Perhatian Penting Pemerintah

Mahasiswa UPA berkunjung ke UPA

Salah satu dosen tetap di Universitas Patria Artha, Dian Ekawaty mengatakan bahwa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) seharusnya menjadi perhatian penting bagi pemerintah. TPA perlu dikelola lebih baik dan tidak menimbulkan dampak lingkungan serta dampak penyakit bagi warga.

Sebagai bentuk perhatiannya, dosen pengampuh mata kuliah epidemologi dan mata kuliah perencanaan dan evaluasi kesmas ini mengajak mahasiswanya untuk melakukan observasi di TPA Tamangapa.

Tujuannya, selain sebagai salah satu tugas final, juga untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap maayarakat yang hidup di sekitar TPA.

Mahasiswa yang digandeng Dian saat itu, adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Kebidanan dan Program Studi Kesehatan Masyarakat melaksanakan kunjungan lapangan pada 23 Juli 2018 di TPA Tamangapa.

Mereka melakukan observasi dan pendalaman mengenai penyakit menular maupun tidak menular yang diderita masyarakat yang tinggal di wilayah TPA.

“Diharapkan mahasiswa mata kuliah epidemologi dapat menggali lebih dalam tentang penyakit yang diderita oleh masyarakay sekitar TPA,” katanya.

Sementara itu, untuk mata kuliah perencanaan dan evaluasi Kesmas, mahasiswa diharapkan mampu melihat kondisi masyarakat dari segala aspek sehingga mampu membuat perencanaan yang lebih baik untuk lingkungan yang bebas polusi, bau sampah, hingga tahap evaluasi. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *