Selamat! LSP Universitas Patria Artha Terakreditasi Jadi Lembaga Sertifikasi Person Kampus Pertama di Indonesia

Lembaga Sertifikasi Person (LSP) Universitas Patria Artha kini meraih Sertifikat Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Hal ini membuktikan bahwa LSP UPA telah menunjukkan kompetensinya sebagai LSP yang menerapkan secara konsisten SNI ISO/ IEC 17024:2012 mengenai penilaian kesesuaian sebagai persyaratan umum lembaga sertifikasi.

Raihan ini sekaligus menegaskan LSP Universitas Patria Artha sebagai lembaga pertama yang terakreditasi  dan menyandang status layak melakukan akreditasi person dalam lingkup perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara, kategori lembaga seritifikasi person secara umum, LSP Univesitas Patria Artha ini merupakan yang ke-16 di Indonesia.

Akreditasi dengan nomer registrasi LSP-016-IDN ini berlaku sejak ditetapkan 28 Juni 2018 hingga 27 Juni 2022.

Ruang lingkup kerja sertifikasi tersebut cukup luas. Yakni pengujian person pada ruang lingkung bidang fisiologi, neurosains, pertolongan gawat darurat, penyusunan laporan keuangan, dan bidang perpajakan.

Lembaga ini nantinya akan mensertifikasi orang orang yang ingin mendapatkan pengakuan atas kompentensi yang dimilikinya.
Para profesional ini akan mendapatkan pengakuan dengan sertifikat yang diakui dunia internasional.

Direktur LSP Univesitas Patria Artha, Indri Septiani, menjelaskan ‘pengabulan’ akreditasi dilakukan dalam waktu cukup singkat.

“Jika bisanya pengajuan hingga pemerolehan akreditasi ke KAN memakan waktu satu tahun, pihak LSP Universitas Patria Artha berhasil mendapatkan predikat hanya dalam waktu delapan bulan saja,” katanya.

Hal ini disebabkan pihak LSP memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai terkait pengelolaan berkas guna melalui proses akreditasi secara keseluruhan.

Mulai dari proses penyusunan dokumen secara internal, pemenuhan standar mutu, dan pengajuan ke Badan Akreditas Nasional dalam hal ini KAN.

Selanjutnya ada full assesment dari pihak KAN. Terakhir dilakukan Witness atau penyaksian atas uji yang dilakukan terkhusus PROSES uji sertifikasi, hingga akhirnya dinyatakan memenuhi syarat sebagai Lembaga Sertifikasi Person. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *