Dari Patria Artha untuk Kampung Halaman

Sebagian besar mahasiswa Univeristas Patria Artha  datang jauh-jauh dari kampung halaman merantau ke Makassar.

Dibalik pengorbanan  untuk jauh dari keluarga,  rerata mereka sudah memiliki visi usai menyelesaikan studinya.

Salah satunya, Ariyanti L Maki, mahasiswa D3 Kebidanan UPA. Ariyanti punya cita-cita besar untuk kembali ke kampung dan membuka praktek di kampungnya. Dimana akses untuk memperoleh bantuan kesehatan seperti persalinan masih sangat  sulit.

“Dikampung saya itu masih susah,  jauh sekali baru ada bidan.  Jadi saya berharap kalau sudah selesai kuliah dan ada modal mau buka klinik sendiri,” kata Mahasiswa asal Nusa Tenggara ini.

Hal sama juga disampaikan Yoko, mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat ini punya  mimpi yang besar untuk perubahan di Papua.  Yoko ingin melakukan reformasi  di dalam tubuh organisasi dinas kesehatan Papua.

“Saya mau mengubah kebiasaan  yang ada sekarang. Saya mau dinas kesehatan memberikan pelayanan yang benar-benar bermutu kepada masyarakat,” katanya.

Cita-cita kedua mahasiswa ini adalah  gambaran umum,  cita-cita mahasiswa rantau yang  kuliah di UPA.  Mereka ingin menuntut ilmu dengan  sungguh-sungguh,  selanjutnya kembali ke kampung halaman untuk mengabdi dan membangun  kampung halamanya. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *