Berawal dari Keinginan Melihat Monas, Alumni UPA Ini Kini Jadi Penanggungjawab Poli Kandungan di RS

Ingin melihat Monumen Nasional  (Monas)  secara langsung,  Herlina memutuskan untuk jalan-jalan ke Jakarta.

Tidak pernah terfikir oleh alumni D3 Kebidanan Univerisitas Patria Artha ini bahwa niat awalnya yang hanya jalan-jalan tersebut dapat mengantarnya menuju pekerjaan impiannya.

“Setelah saya dua hari di Jakarta untuk jalan-jalan saya ingin memberanikan diri untuk mengenal lebih jauh Jakarta.  Tiba di suatu tempat fasilitas kesehatan saya mencoba untuk melamar kerja dan alhamdulillah entah keberuntungan atau memang rezeki, saya diterima bekerja. Yah berbekal kemampuan yang saya dapat dari kampus,” katanya.

Alumni angkatan 2015 ini bercerita,  selama bekerja di Jakarta, dia beradaptasi dengan lingkungan dan karakter orang di Jakarta yang menurutnya sangat jauh berbeda dengan Sulawesi Selatan.

“Banyak yang saya dapatkan di sini mengenai ilmu tentang kebidanan dan bagaimana cara berinteraksi dengan pasien,” katanya.

Tahun kedua bekerja,  Lina kuliah melanjutkan pendidikan di salah satu universitas di Jakarta sambil bekerja.

“Saya memahami resiko yang saya ambil antara memilih fokus kuliah atau bekerja. Dan saya berterima kasih dengan rekan kerja saya karena mereka memahami saya yang juga sebagai mahasiswa,” katanya.

Bagaimana cara agar bisa membagi waktu bekerja dan belajar. Pekerjaan yang dijalani Herlina memang berat karena langsung berhadapan dengan masyarakat. Di tempatnya bekerja posisinya pun juga sangat berat karena harus menjadi bidan pelaksana dan menjadi penanggung jawab poli kebidanan.

“Pesan saya kepada mahasiswa agar benar menguasai teori dan praktek dan juga manfaatkanlah waktu selama proses belajar di kampus sebelum terjun langsung ke dunia kerja karena kita sebagai pelayan masyarakat terkhusus untuk bidan,” katanya.

Karena kata Lina, banyak perbedaan yang kita dapat saat bekerja,  karena saat dikampus kita mendapat bimbingan dari dosen dan masih bisa belajar. Namun, saat bekerja itu sangat jauh berbeda hal yang kita dapat di kampus, kita harus benar-benar bisa menangani masalah atau tantangan tersebut sendirian. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *