Hamil, Tak Perlu Khawatir Berpuasa. Begini Tips dari Kaprodi Kebidanan UPA

Ketua Program Studi (Kaprodi) Diploma III Kebidanan Universitas Patria Artha (UPA), Fauziyah Annisa

Bagi ibu yang sedang menjalani masa hamil di momen Ramadan, jangan jadi penghalang untuk menjalankan ibadah tersebut.

Sebab semua bisa dijalankan, asalkan memerhatikan beberapa hal.

Agar puasa bagi ibu hamil berjalan dengan baik, berikut tips yang diberikan Ketua Program Studi (Kaprodi) Diploma III Kebidanan Universitas Patria Artha (UPA), Fauziyah Annisa.

Menurut perempuan cantik ini, berpuasa tidak akan berpengaruh jika ibu hamil memiliki berat badan dan gaya hidup yang baik, karena ibu memiliki cadangan energi yang cukup dan tubuh ibu bisa memenuhi nutrisi yang di butuhkan janin.

Kata dia, untuk makanan disarankan mengkonsumsi makanan karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung serat tinggi seperti produk gandul utuh, sayuran dan buah kering.

“Berpuasa saat hamil melatih kita dalam kesabaran. Jalani puasa dengan tekad dan niat yang bulat serta ikhlas agar hari- hari berpuasa terasa ringan dan membahagiakan meski sedang hamil,” ujarnya.

Fauziyah Annisa menjelaskan, Ibu hamil juga harus memperhatikan pola istrahat, bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istrahat sebelumnya. Lalu, kurangi porsi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra.

Dia mencontohkan, semisal mengurangi aktivitas dilapangan atau pikiran yang berat-berat, sedapat mungkin ibu hamil menghindari stres dan buang jauh kebiasaan dorongan untuk marah.

“Buang jauh kebiasaan marah, karena berpuasa melatih kesabaran untuk janin maupun kita yang tidak hanya semata mata untuk menahan lapar dan haus,”tuturnya. (SDM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *