Camaba Perlu Tahu, Ternyata Gini Output Manajemen Informatika

Mahasiswa D3 Manajemen Informatika UPA

Universitas Patria Artha (UPA) mempunyai puluhan program studi (prodi) dari tiga fakultas andalannya.

Salah satu jurusan andalan yakni Manajemen Informatika.

Namun, hingga saat ini masih banyak calon mahasiswa baru yang masih bingung perbedaan antara Program Studi (Prodi) Manajemen Informatika dan Prodi Tekhnik Sistem Informatika.

Ketua Prodi (Kaprodi) D3 Manajemen Informatika (MI), Fakultas Tekhnik (FT) UPA, Ir Irwan Syarif, M.T mengatakan ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar.

“Kalau mau jadi programmer yah ambilnya Sistem Informatika. Kalau mau jadi system analyst yah ambilnya Manajemen Informatika,” ucapnya.

Kata dia, keduanya cukup berbeda, kalau Teknik Sistem Informatika belajar semua hal yang berhubungan dengan programming, mulai dari C, C++, VB, C#, database, dll.

Kalau Manajemen Informatika lebih belajar bagaimana membuat sistem dan lebih banyak membuat diagram seperti flowchart, ERD, DFD, SDL, UML, work flow diagram, dan lainnya

“Kalau mau jadi pakar seperti yah ambilnya Manajemen Informatika, karena kalau ambil Teknik Sistem Informatika jurusannya untuk jadi Programmer terus senior programmer. Kalau Manajemen Informatika keluarannya itu bisa jadi system analyst, jadi yang membuat sistem suatu perusahaan atau organisasi, nanti sistem itu diterjemahkan dalam bentuk program oleh programmer,” jelasnya. (IDP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *