Besarnya Peluang Kerja Lulusan Elektromedis

Ketua Ikatan Elektromedis Indonesia (Ikatemi)  Pusat,  Agus Komaruddin hadir di Universitas Patria Artha (UPA). Hal ini menyusul akan dibukanya program studi D4 Sarjana Terapan Elektromedis di UPA dalam waktu dekat.

Menghadapi pembukaan Prodi baru ini, UPA menggandeng Ikatemi untuk memberikan dukungan terhadap upaya UPA melahirkan  tenaga-tenaga medis yang ahli,  utamanya dibidang elektromedis.

Agus dalam pemaparannya mengatakan, saat ini,  lembaga pendidikan  yang membuka jurusan khusus Elektromedis masih sedikit.  Makanya,  upaya UPA untuk membuka  prodi  ini sangat diapresiasi.

“Saya bisa bilang bahwa saya bangga, dengan langkah yang diambil oleh UPA. Dengan kerjasama antara kami dan UPA ini semoga dapat meningkatkan kapasitas  tenaga kesehatan  kita, ” katanya.

Sementara  itu,  Dekan Fakultas Elektronika UPA, Andi Nur Putri bilang saat ini, kebutuhan tenaga elektromedis mencapai 8.000 orang pertahun dan dipastikan akan terus meningkat. Sementara itu perguruan tinggi yang membuka jurusan elektromedis D3 baru 13 dan D4 baru tiga.

“Artinya lulusan elektromedis masih sangat dibutuhkan.  Apalagi untuk lulusan D4 sendiri.  Makanya tahun ini,  jika izin dari dikti sudah keluar.  Kami akan segera buka jurusan ini.  Dan menjadi Perguruan tinggi yang pertama  di Indoensia  timur membuka prodi ini, ” jelasnya.

Agus menambahkan,  saat ini di Sulawesi selatan, baru ada 247 orang  tenaga ahli elektromisis, dimana hanya 10  orang per kabupaten dan dan sisanya berkumpul di Makassar.

“Bahkan 90 persen masih D3.  Artinya yang dipenuhi  sekarang hanya tenaga D3. Tenaga D4 masih sangat kurang, ” katanya.

Sementara itu peluang kerjanya berdasarkan permenpan, di rumah sakit  membutuhkan 4240 (data 2011) orang tenaga elektromedis,  sedangkan yang terpenuhi baru mencapai 365 orang. (NUU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *